Kunci Bisnis Enterpreneur Dunia
Just another Blogger Fisip UNS Sites site

Siapa Saja Pengusaha Sukses di Indonesia?

Menjadi orang sukses bukanlah sesuatu yang terjadi secara kebetulan. Selalu ada kerja keras, keuletan, dan tentunya niat yang besar di dalam kesuksesan itu sendiri. Begitupun hal nya dengan pengusaha. Tidak ada pengusaha yang sukses dengan kebetulan. namanya saja Pengusaha berarti orang yang berusaha, kata usaha itu sendiri di dalam KBBI memiliki arti kegiatan dengan mengerahkan pikiran, tenaga, atau badan untuk mencapai suatu maksud. Nah kan, untuk mencapai suatu maksud itu sangat perlu untuk mengerahkan pikiran dan tenaga. Di dalam artikel ini Anda akan ada daftar 10 Pengusaha Sukses Indonesia yang benar-benar sukses karena menanamkan modal niat besar, kerja keras, dan ulet dan Anda akan diajak berkenalan dengan mereka.

Ada banyak macam peluang usaha yang bisa membuat Anda menjadi seorang pengusaha. Mungkin akan ada dua kategori dari kata pengusaha tersebut yaitu orang yang berusaha tetapi belum berhasil dan orang yang berusaha kemudian ia berhasil dan sukses. Sebenarnya semua tergantung kepada seberapa banyak doa yang Anda panjatkan dan seberapa besar usaha Anda untuk mendapatkan tujuan yang ingin Anda capai. Perjuangan menjadi seorang pengusaha sukses tentunya tidak sebentar dan tidak mudah.

List Nama & Profil 10 Pengusaha Sukses Indonesia

Berikut adalah daftar 10 pengusaha sukses Indonesia yang telah melakukan berbagai macam perjuangan itu.

  1. Reza Nurhilman (AXL)

    Adalah pengusaha sukses Indonesia termuda yang berhasil di bidang wirausaha produk Maicih. Dia sukses bermarketing melalui social media. Pria kelahiran Bandung, 29 September 1987 ini telah berhasil dengan empat produk unggulannya yaitu: keripik singkong pedas (level 3,5, dan 10), Baso goreng, gurilem, dan seblak. Berkatnya, ia bisa memberikan lapangan pekerjaan bagi rakyat Indonesia. Usahanya berawal pada tahun 2010, dengan modal 50 juta ia memproduksi keripik dan gurilem 50 bungkus per hari. Awalnya ia jual produk itu dengan cara berkeliling dan aktif promosi di media jejaring sosial. Lalu siapa sangka ternyata kerja keras dan keuletannya itu membuahkan hasil yang besar. Kini, ia memproduksi Maicih lebih dari 2000 per hari, laba yang ia dapat per bulan mencapai sekitar 800-900 juta. Selain itu, penyebaran produknya tidak hanya di Bandung saja tetapi sudah menyebar ke Jakarta, Jogja, dan Surabaya. Yang paling keren adalah ia bisa mempekerjakan sekitar 30 orang untuk ia jadikan pegawai produksi.

  2. Purdi E Chandra

    Siapa yang tidak kenal dengan bimbingan belajar Primagama? Dan siapa yang tahu bahwa dulunya murid Primagama hanya dua orang saja?
    Purdi E Chandra merupakan sosok dibalik terbentuknya salah satu usaha bimbingan belajar yang tercatat oleh MURI sebagai bimbingan belajar terbesar di Indonesia. Pada mulanya Primagama hanya memiliki satu cabang saja dan hanya memiliki dua murid. Akan tetapi kegigihan Purdi E Chandra dalam memperjuangkan usaha ini mengantarkannya menjadi salah seorang pengusaha tersukses di Indonesia. seperti kita ketahui bersama kini Primagama memiliki murid lebih dari 100 ribu per tahun dengan outlet yang tersebar di ratusan kota di Indonesia. selain itu, Primagama kini juga telah membawahi lebih dari 20 anak perusahaan yang bergerak di bidang pendidikan formal dan informal, komunikasi, rumah makan, supermarket, biro perjalanan, asuransi, penerbitan, radio, dan lain sebagainya. Kunci kesuksesan yang ia pegang adalah berani mengambil risiko.

  3. Puspo Wardoyo

    Puspo Wardoyo merupakan sosok dibalik berdirinya warung ayam bakar “Wong Solo” yang kini memiliki lebih dari 16 cabang di Indonesia dan disebut-sebut sebagai restoran papan atas di Indonesia. siapa sangka lelaki yang awalnya membuka usaha warung lesehan itu kini tersohor sebagai salah satu pengusaha sukses di Indonesia? mimpinya yang besar dan kegigihannya dalam berusaha membuat ia kini berada di puncak kesuksesan. Selain citarasa masakannya, warung-warung makannya yang tersebar di kota-kota besar Indonesia ini juga selalu mengubah penampilannya secara rutin sehingga hal ini benar-benar mampu menciptakan kesan bagi para pelanggan maupun pemula.

  4. Jakob Oetama

    Siapa yang tidak tahu surat kabar harian Kompas? Hampir seluruh masyarakat Indonesia mengetahuinya. Jakob Oetama ialah pendiri surat kabar harian tersebut. Sebagai salah satu surat kabar harian terbesar di Indonesia, Kompas dulunya tidak sebesar ini. akan tetapi, kegigihan dan semangat Jakob dalam menulis mengantarkan Kompas menjadi sebesar sekarang. Pengusaha sukses ini memulai kariernya dari menulis sehingga akhirnya ia mampu membuka peluang pekerjaan sebagain bagian dari surat kabar harian Kompas.

  5. Sukanto Tanoto

    Sukanto Tanoto adalah orang yang pernah disebut-sebut sebagai orang terkaya di Indonesia versi Forbes pada bulan Juni tahun 2006. Apa yang membuatnya sukses menjadi orang kaya? Sukanto Tanoto ternyata merupakan sosok dibalik perusahaan Raja Garuda Mas International dan PT Inti Indorayon a Utama. Pekerjaannya dimulai saat ia berbisnis menjadi pemasok alat-alat dan barang-barang untuk perusahaan negara Pertamina. Dari pekerjaannya yang kecil ini ia menggiatkan usaha, kerja keras, ketekunan, serta keuletan ia tingkatkan sehingga akhirnya ia berhasil menjadi salah satu pengusaha sukses di Indonesia terutama dalam bidang kertas dan minyak sawit.

  6. Eka Tjipta Widjaya

    Eka Tjipta Wijaya memulai berurusan dengan bisnis sejak ia berusia 15 tahun. Saat itu usaha yang ditekuninya adalah berjualan gula dan biskuit yang ia beli grosir kemudian ia menjualnya dengan harga eceran. Pekerjaan yang membutuhkan banyak tenaga tetapi menghasilkan laba yang tidak seberapa. Akan tetapi, ketekunan dan kerja kerasnya tidak sampai pada pikiran itu, ia pantang menyerah dalm berusaha hingga akhirnya pada tahun 1980 ia membeli sebidang perkebunan sawit di Riau dan membeli mesin juga pabrik yang mampu menampung 60 ribu ton kelapa sawit. Tidak hanya itu, dunia bisnis ternyata membuatnya ketagihan untuk terus mengembangkan bisnisnya. Ia kemudian merintis bisnis bank yang dikenal dengan Bank Internasional Indonesia yang kemudian memiliki 40 cabang pembantu. Terakhir pemilik Sinarmas Group ini juga membeli PT Indah Kiat yang merupaka salah satu pabrik kertas.

  7. Mutiara Siti Fatimah Djokosoetono

    Mutiara Siti Fatimah merupakan sosok dibalik suksesnya perusahaan taksi Blue Bird. Taksi yang sudah memadati beberapa kota besar di Indonesia seperti Jakarta, Bandung, Bali, hingga Lombok ini dulunya berawal dari sebuah bemo yang sangat membantu perekonomian ia saat sang suami menutup usia. Usaha ini selalu mengalami jatuh bangun hingga akhirnya kerja keras dan keteguhannya membuat armada Blue Bird kini mencapai 21 ribu taksi.

  8. Chairil Tandjung

    Siapa tidak kenal Chairil Tanjung atau yang akrab disapa CT? Ya, ia merupakan salah satu pengusaha sukses Indonesia. ia berhasil membawa perusahaan Para Group yang membawahi TransTV dan Bank Megasukses dengan gemilang. Semasa kuliah CT berjualan buku kuliah stensilan, kaos, dan membuka usaha foto copy di kampusnya. Kerja kerasnya di bidang bisnis membuatnya kemudian mendirikan PT Pariarti Shindutama yang bergerak dalam produksi sepatu anak-anak, ia mendirikan perusahaan ini bersama ketiga rekannya. Akan tetapi tak puas dengan itu akhirnya CT memutuskan untuk keluar dan membangun bisnisnya sendiri yang kemudian menjadikannya begitu tersohor. Di bidang keuangan ia mengambil alih Bank Mega. Perusahaan yang ia namakan Para Group ini membawahi beberapa bisnis lainnya, diantaranya; Para Global Investindo (bisnis keuangan), Para Inti Investindo (media dan Investasi), Para Inti Propetindo (properti). Di bidang penyiaran dan media ia memiliki TransTv, Trans7, Trans Studio, dan masih banyak lagi kesuksesan-kesuksesan usaha yang ia raih.

  9. Dahlan Iskan

    Siapa yang tidak mengenal Dahlan Iskan sang Menteri BUMN di Kabinet Indonesia Bersatu II? Dulu ia tidak sesukses saat ini. Kariernya dimulai sebagai calon reporter surat kabar kecil di Samarinda. Karena keuletannya akhirnya ia diterima sebagai wartawan majalah Tempo dan pada tahun 1976 ia memimpin surat kabar Jawa Pos hingga sekarang. Kerja keras dan ketekunan yang terus ia jalani tidak mengantarkan kesuksesannya sampai di situ. Pada akhir 2009 ia dpercaya untuk menjadi direktur utama PLN ada banyak gebrakan saat ia menjabat sebagai direktur utama perusahaan tersebut. Kemudian pada tahun 2011 ia akhirnya diamanahi sebagai menteri BUMN di Kabinet Indonesia Bersatu II.

  10. Irma Suyanti

    Irma Suyanti merupakan pengusaha sukses yang memiliki keterbatasan fisik. Ia melawan ketidakadilan, keterbatasan itu dengan tekad dan kerja keras. Pada mulanya ia dan suami (seorangpenyandang cacat juga) mendirikan usaha mandiri yaitu memanfaatkan potongan-potongan kain menjadi keset yang menarik. Untuk pemasaran, awalnya ia hanya menawarkan kepada para tetangga yang membutuhkan kemudian dijual ke pasar. Akan tetapi perjuangannya yang tidak seberapa ini mengantarkannya kepada kesuksesan. Karena kebutuhan pasar meningkat dan banyaknya peminat terhadap produknya. Ia kemudian tidak hanya memproduksi keset saja tetapi bahan lain yang juga terbuat dari potongan-potongan kain. Semakin banyak permintaan pasar, akhirnya ia tak mampu bekerja seorang diri hingga kemudian ia mencari tenaga kerja. Usahanya ternyata tidak hanya berkembang di dalam negeri saja tetapi juga sampai ke luar negeri, dan kini karyawan yang ia miliki mencapai sekitar 2.500 orang.

 

Itulah tadi daftar 10 pengusaha sukses di Indonesia. Ada banyak jalan untuk mencapai kesuksesan diantaranya dengan kerja keras, ulet, dan tekun. Ada banyak juga peluang usaha yang bisa menjadikan nama kita besar asalkan kita bersungguh-sunggug. Kesepuluh orang di atas juga memulai usahanya dari hal yang kecil tetapi mereka tekun menjalaninya sehingga jadilah mereka orang sukses yang mampu berguna untuk manusia lainnya. Siapapun bisa mencapai kesuksesan itu. Bagaimana dengan Anda? Apakah Anda sudah siap menjadi orang sukses? Peluang usaha mana yang akan Anda masuki? Dan apa yang akan Anda lakukan untuk mencapai kesuksesan tersebut? Semua Ada di tangan Anda. Mari bermanfaat untuk orang lain dan untuk bangsa, mari kejar kesuksesan itu!

Sumber :http://www.daftar.co/10-pengusaha-sukses-indonesia/


Tags: , ,

Kunci Bisnis Enterpreneur Dunia is proudly powered by WordPress and FreeUsenext