Kunci Bisnis Enterpreneur Dunia
Just another Blogger Fisip UNS Sites site

Pasti telinga kamu sudah nggak asing saat mendengar nama Bill Gates. Ya kan?

Bill Gates merupakan founder Microsoft, beliau mendirikan Microsoft pada tahun 1975 dan masih bertahan dalam jajaran daftar orang terkaya di dunia. Kekayaan yang Bill Gates miliki saat ini mencapai US$ 76 miliar, Microsoft juga membuat Xbox, yang menjadi salah satu game system populer di seluruh dunia.

Selain dikenal sebagai orang terkaya, Bill Gates juga dikenal sebagai orang yang dermawan. Ia dan istrinya mendirikan lembaga non profit sebagai wadah kegiatan sosialnya. Beliau juga menyumbangkan sebagian hartanya  di salah satu lembaga amal yang ada di Indonesia lho.

Dilansir dari WealthyGorilla.com , ada 10 rahasia sukses Bill Gates yang dibagikan khusus untuk kamu. Yuk simak, siapa tahu kamu dapat mengikuti jejak Bill Gates untuk jadi orang sukses dan terkaya di Indonesia, bahkan di dunia. Amin!

1.Mulai Sedini Mungkin

mulai sejak dini

mulai sejak dini via pendidikankarakter

Bill Gates baru berusia 13 tahun ketika ia mulai bekerja dengan komputer. Ketika kamu memulai sesuatukarakter diri juga akan terbentuk dari situ. Tidak hanya punya kesempatan untuk sukses lebih cepat dari kebanyakan orang, tetapi kamu juga cenderung tidak mudah menyerah.

Baca juga: Rahasia Orang Sukses Menghabiskan Waktunya di Akhir Pekan

Jika kamu sudah punya mimpi dan mulai kamu perjuangkan ketika masih muda, kamu akan lebih kebal terhadap semua perkataan orang yang mungkin meremehkan kamu. Saat kamu sudah dewasa dan orang mulai lebih memperhatikan pada apa yang sedang kamu perjuangkan, kamu cukup mudah untuk mengabaikan mereka.

Masa muda adalah masa di mana kamu masih mudah terpengaruh, jadi jika kamu menonton hal-hal di TV atau di internet di mana orang lain telah sukses, otomatis akan terekam dalam pikiranmu dan kamu tidak akan punya keraguan tentang apa yang kamu bisa atau tidak bisa lakukan.

2.Bangun Kemitraan

bangun kemitraan

bangun kemitraan via beyondbusiness

Bill Gates sangat menyukai menjalin kemitraan dengan orang lain, utamanya orang yang dianggap sebagai ‘Top Dog’ dan membuat Bill Gates menjadi ‘Sidekick’. Dia senang dengan hal ini, karena hal itu membuka peluang baru baginya dan memiliki potensi untuk belajar dari pengusaha sukses lain yang bisa mengajarinya banyak hal.

Tidak hanya itu, tetapi itu juga berarti bahwa ia membangun sebuah hubungan dengan orang yang memiliki pengaruh besar terhadap kesuksesan karirnya.

3.Kamu Tidak Akan Menghasilkan Uang Ratusan Juta Setahun Setelah Keluar dari Sekolah Tinggi Saja

pendidikan tinggi bukan jaminan sukses

kelulusan via 4muda

Jujur aja yah, kamu tidak akan bisa menghasilkan uang ratusan juta setelah setahun keluar dari sekolah tinggi, jadi kalau kamu punya pikiran bisa melakukannya, hentikan lelucon itu. Tidak peduli setinggi apapun pendidikanmu, kamu tetap butuh pengalaman untuk mencapai kesuksesan karirmu.

Kamu tidak akan ditunjuk sebagai CEO perusahaan multi-nasional hanya karena kamu menyandang gelar sarjana di manajemen bisnis.

Untuk mendapatkan posisi itu, kamu harus merintis usahamu sendiri dan bekerja keras sampai targetmu tercapai atau kamu bekerja di perusahaan milik orang lain dan buktikan pada orang bahwa kamu memang layak.

4.Jadi Bos Untuk Dirimu Sendiri Sesegera Mungkin

boss

big boss via devbasu

Bill Gates menjadi bos di usia yang cukup muda. Dia layak mendapatkannya, dan menempatkannya di posisi terbaik dengan kontrol penuh atas kesuksesannya.

“If you don’t build your dream, someone else will hire you to build theirs.” – Bill Gates

5.Jangan Mengeluh tentang Kesalahanmu, Belajarlah dari Kesalahan.

lempar kesalahan

menyalahkan orang lain atas kesalahanmu via threatgeek

Menyalahkan orang lain atas kesalahanmu? Siapa yang akan kamu kambing hitamkan? Kesalahanmu ada padamu, bukan salah orang lain, jadi berhenti menyalahkan orang lain hanya untuk mencoba dan menyingkirkan rasa bersalahmu.

Kesalahan dibuat untuk dipelajari. Agar kamu tahu apa yang boleh atau tidak dilakukan di situasi yang sama ketika masalah datang untuk kedua kalinya. Percayalah, banyak masalah yang terjadi berulang-ulang.

6.Berkomitmen dan Minat yang Besar

berkomitmen dan minat yang besar

berkomitmen dan minat yang besar  via forbes.com

Sedikit saran yang baik, berkomitmen dan punya minat yang besar harus ada di setiap jiwa entrepreneur. Kamu harus berkomitmen pada apa yang kamu cintai dan minat yang bagus untuk apa yang kamu lakukan.

Orang yang sukses di dunia ini membuat semuanya terlihat jauh lebih mudah karena mereka sungguh-sungguh cinta pada apa yang mereka lakukan. Jika kamu menemukan sesuatu yang membuat tertekan dan sulit, saya ragu kamu sudah bekerja di jalan yang tepat untukmu.

7.Hidup Adalah Sekolah Terbaik, Bukan Universitas atau Perguruan Tinggi

hidup adalah sekolah terbaik

hidup adalah sekolah terbaik via tumblr.com

Tidak peduli berapa banyak buku yang sudah kamu baca, tidak peduli berapa banyak tes yang sudah kamu ambil, tidak ada dari perguruan tinggi mana pun yang mampu mempersiapkan hidupmu di dunia nyata.

“If you think your teacher is tough, wait until you get a boss. He doesn’t have tenure.” – Bill Gates

Pekerjaan di kehidupan nyata dan bos tidak hanya sekedar melibatkanmu untuk belajar dan mengajarimu. Ini pekerjaan di kehidupan nyata yang kamu harus mampu melaksanakan, jika tidak maka kamu akan dipecat. Tamat.

8.Bersikap Baiklah pada Kutu Buku

nerd alert

nerd alert via favim

“Be nice to nerds. Chances are you’ll end up working for one.” – Bill Gates

Ini benar, orang-orang yang mungkin kamu anggap culun, cupu atau kutu buku sebenarnya mereka yang akan bekerja paling keras, menjadi cerdas dan memiliki tekad untuk berhasil.

Jika kamu ngeri dengan si kutu buku maka sebenarnya kamu bermain api dengan nasib, karena mungkin kamu melamar posisi di sebuah perusahaan yang dijalankan oleh seseorang yang kamu kenal dan yang kamu anggap mengerikan di masa lalu.

Masih mikir kamu punya kesempatan untuk mendapatkan pekerjaan? hehe

9. TV Bukan Kehidupan Nyata

TV bukan kehidupan nyata

TV bukan kehidupan nyata via okvideofestival

“Television is NOT real life. In real life people actually have to leave the coffee shop and go to jobs.” – Bill Gates

Kamu perlu berhenti kecanduan menonton TV dan berhenti percaya bahwa apa yang kamu lihat di beberapa kasus mungkin sebenarnya terjadi di kehidupan nyata.

Kehidupan nyata itu sulit dan siapa saja yang mendekati kesuksesan tidak akan duduk manis di coffee shop dan ngobrol dengan teman-teman mereka sepanjang hari. Mereka akan bekerja giat untuk membayar tagihan mereka dan memperbaiki situasi keuangan mereka.

10.Hidup itu Tidak Adil

hidup itu tidak adil

hidup itu tidak adil via mondayschoolblog

“Life is not fair. Get used to it.” – Bill Gates

Segiat apapun kamu bekerja di hidupmu, akan ada masa di mana semuanya tidak berjalan seperti yang kamu inginkan, mungkin bukan karena kesalahanmu sendiri. Sesuatu yang tidak bisa kamu kendalikan. Kamu mungkin akan terjatuh, tetapi kamu harus mampu bangkit.

Hidup itu tidak adil. Ini sebuah ujian, sebuah permainan, sebuah risiko. Jika kamu jatuh dan tidak berusaha untuk bangkit lagi, kamu tidak layak untuk sukses. Pemenang tahu bahwa hidup itu tidak adil dan mereka akan terus mendapatkan kembali sampai mereka sudah berhasil.

Nah, itulah rahasia Bill Gates meraih sukses yang kami rangkum khusus untuk kamu. Jika kamu ingin mengikuti jejak sukses Bill Gates, perhatikan hal-hal di atas ya. Selalu konsisten dan pantang menyerah saat berjuang mewujudkan impianmu. Salam Sukses!

Sumber : https://veryfund.co/blog/10-rahasia-sukses-bill-gates/


Tags: , , ,

Kunci Bisnis Enterpreneur Dunia is proudly powered by WordPress and FreeUsenext