Kunci Bisnis Enterpreneur Dunia
Just another Blogger Fisip UNS Sites site

Bisnis restoran  adalah salah satu jenis usaha yang bisa dikatakan paling banyak peminatnya setelah bisnis fashion. Hal tersebut tak mengherankan karena jika dilihat dari kesempatan pasarnya, berbisnis restoran memang menjanjikan. Mulai dari masyarakat kelas bawah sampai dengan kelas atas bisa saja kita jaring sebagai konsumen yang dapat mendatangkan banyak keuntungan. Maka dari itu, meski persaingan di bidang ini terbilang sengit, tak sedikit orang yang tetap tertarik untuk mencobanya.

Namun meski dilihat dari segi kesempatannya cukup besar, merintis restauran hingga sukses bukanlah perkara gampang. Kamu mesti merancang strategi khusus agar restoran tersebut berhasil menarik pelanggan. Tantangan akan bertambah bila usahamu ini menyasar segmen anak muda yang seleranya cenderung sulit ditebak.  Diperlukan kreativitas dan keberanian guna membuat restauran yang tidak hanya menarik dari segi rasa, tapi juga penampilan.

Nah untuk membantu kamu yang punya cita-cita restauran bernuansa muda, berikut ini Veryfund sajikan 8 langkah membuat restauran anti mainstream yang keren:

1. Sebelum memulai, lakukan riset agar konsep restoranmu memenuhi ekspetasi pembeli

Lakukan riset sebelum memulai via under30ceo.com

Lakukan riset sebelum memulai via under30ceo.com

Sama seperti bisnis lainnya, membangun bisnis restauran juga tidak bisa dilakukan asal tembak. Diperlukan beberapa informasi sebelum akhirnya mengeksekusi ide yang ada agar sesuai dengan selera pasar. Cari tahu dulu apa yang disenangi dan dicari oleh target pasarmu agar apa yang di ada restauranmu cocok dengan apa yang mereka cari.

Kamu bisa melakukannya dengan mengamati apa yang orang suka dari sebuah restauran. Apakah itu rasa dari makanan itu sendiri? Menu yang variatif? Harga murah? Atau mungkin suasana yang menyenangkan? Riset sedetail mungkin apa yang diekspetasikan oleh calon konsumenmu dan realisasikan secara nyata pada restauranmu nanti.

2. Carilah nama restoran yang unik agar mudah dikenal oleh banyak orang

Cari nama yang unik via www.mldspot.com

Cari nama yang unik via www.mldspot.com

Setelah kamu mengetahui apa yang mereka suka, selanjutnya carilah nama unik yang kira-kira bisa menarik perhatian calon konsumenmu. Misalnya saja setelah melakukan riset, umumnya konsumen menyukai jenis makanan yang memiliki rasa pedas. Dari sini kamu bisa merintis sebuah tempat makanan yang spesifik menyediakan aneka menu makanan yang memang rasanya “membakar lidah”.

Mulailah mencari nama yang sekiranya bisa merepresentasikan restoran dengan menu andalan makanan pedasnya. Kita ambil contoh kamu mengambil nama, “Rumah Makan Bakar Lidah”, “Kedai Pedas Rawon Setan”, serta nama lainnya yang cukup komersial.  Pastikan nama ini cukup unik dan mudah diingat, agar saat konsumen mendengar nama restauranmu mereka jadi merasa tertarik untuk mencobanya.

3. Gunakan pernak-pernik restauran yang nyentik untuk menarik perhatian pelanggan

pernak pernik unik via www.instagram24.com

pernak pernik unik via www.instagram24.com

Langkah selanjutnya yang perlu kamu perhatikan saat mendirikan sebuah restoran bernuansa muda adalah coba untuk menyediakan pernak-pernik unik yang menarik perhatian. Dengan pernak-pernik unik ini, dijamin anak muda yang memang menyukai suasana berbeda pasti akan tertarik untuk mencoba makan di restoranmu.

Misalnya saja kamu akan mendirikan sebuah restauran dengan nama, “Narapidana Restoran”. Dari sini kamu dapat menyediakan segala sesuatu yang berkaitan dengan penjara. Mulai dari mendesain interior restauran dengan teralis besi agar mirip dengan suasana lapas, piring makan yang terbuat dari stainless steel, atau bahkan kamu dapat merancang pakaian pelayan hingga menyerupai sipir penjara. Pada intinya, cobalah desain restauranmu hingga seunik mungkin agar orang-orang tertarik untuk datang ke sana.

4. Bangun suasana yang mendukung dengan mendesain bagian dalam restoran semaksimal mungkin

desain interior menjual via www.qraved.com

desain interior menjual via www.qraved.com

Anak muda juga begitu menyukai desain interior restoran yang berbeda dari yang sudah ada sebelumnya. Alasannya banyak anak muda saat ini memanfaatkan restauran tidak hanya sebagai tempat makan, tapi juga tempat berkumpul. Karenanya selain pernak-pernik yang unik, cobalah membangun suasana lewat desain interior di dalamnya.

Seperti yang telah Veryfund contohkan sebelumnya, apabila kamu mencoba mengangkat tema penjara di dalam restoranmu, usahakan untuk membangun suasana lapas secara menyeluruh. Tidak hanya dengan menyediakan piring khas penjara atau teralis besi saja, kamu juga bisa “menghias” tembok restoran dengan tulisan-tulisan mengenai cerita tentang penjara paling seram di dunia. Dengan hal seperti ini, pengunjung yang datang akan makin betah karena suasana penjara betul-betul terbangun di sana.

5. Pastikan menu yang kamu jual juga menarik perhatian pembeli

Menu unik via https://www.youtube.com/watch?v=nak_zRvbvKo

Menu unik via https://www.youtube.com/watch?v=nak_zRvbvKo

Penyajian menu baik makanan atau minuman menjadi hal yang tidak boleh kamu lupakan keberadaannya. Sebagai pemilik restauran bernuansa muda, kamu juga perlu memikirkan kira-kira makanan seperti apa yang menarik calon konsumenmu. Biasanya karena anak muda masa kini begitu suka memfoto makanan mereka untuk diposting ke media sosial, buatlah makanan yang ketika disajikan nampak cantik.

Misalnya kamu menyajikan dessert yang diberi nama “ice cream pelangi sejuta rasa” di mana menu ini adalah es krim yang disajikan dalam warna pelangi dan ditaruh dalam gelas berbentuk unik. Dengan menu unik macam ini diharapkan akan membuat restoranmu memiliki diferensiasi dengan tempat lainnya. Keunikan penyajian menu adalah salah satu trik yang biasanya cukup berhasil menarik perhatian pelanggan. Pelanggan muda akan memfoto menu tersebut kemudian mengunggahnya ke dalam media sosial yang jika dilihat oleh orang lainnya akan menimbulkan rasa tertarik juga.

6. Kamu juga bisa melakukan diferensiasi dengan mengimprovisasi seragam pelayan atau cara pesan makanan di restoranmu nanti

Seragam unik via www.sayangi.com

Seragam unik via www.sayangi.com

Tidak hanya menu, desain interior, atau pernak-pernik saja yang bisa kamu modifikasi. Pelayanan restauran atau mungkin cara memesan makanan merupakan hal lainnya yang bisa kamu buat jadi berbeda. Menampilkan pelayan restauran yang menggunakan pakaian suster atau dokter misalnya, sudah banyak dilakukan oleh para pebisnis untuk menarik perhatian pelanggan.

Bila kamu tidak ingin menyediakan pelayan dengan tampilan “aneh” cara lainnya yang juga bisa dilakukan adalah dengan merancang cara memesan makanan anti mainstream. Mulai dari menuliskan makanan di papan hitam kecil dengan kapur, memanggil pelanggan dengan cara membunyikan suatu benda, dan lain sebagainya yang membuat orang memiliki kesan tersendiri saat makan di restoranmu.

7. Jangan sepelekan soal rasa. Karena bagaimana pun juga cita rasa makanan di sebuah restoran adalah segalanya

Cita rasa jangan lupa via www.makanasik.com

Cita rasa jangan lupa via www.makanasik.com

Jangan lupa untuk memerhatikan kualitas rasa makanan yang kamu jual di restauranmu. Karena jika tidak, pada akhirnya pelanggan bisa saja kabur karena merasa lidahnya tidak terpuaskan dengan rasa makanan yang ada. Kamu perlu betul-betul mengontrol kualitas rasa agar pelanggan tidak kecewa.

Pilihlah koki yang ahli dalam memasak sebuah makanan. Jika restauranmu adalah tempat makanan yang fokus menjual makanan khas Indonesia, carilah orang yang memang expert di bidang ini. Manjakan pelanggan mulai dari rasa hingga suasana agar mereka selalu memiliki alasan untuk datang kembali ke sana.

8. Pasang harga makanan dengan harga yang rasional

Pasang harga rasional via www.berbagifun.com

Pasang harga rasional via www.berbagifun.com

“Jangan sembarangan dalam mematok harga jika tidak ingin kehilangan pelangganmu bahkan sejak kali pertama”

Menentukan harga makanan juga menjadi sesuatu yang esensial. Kamu tidak boleh memasang harga terlalu tinggi jika tidak ingin pelangganmu lari. Idealnya memasang harga selain ditentukan oleh ongkos produksi juga dibandingkan dengan harga yang ditetapkan oleh pesaingmu. Pikirkan pula tentang kesanggupan target konsumenmu untuk membayar.

Jika calon konsumenmu adalah mahasiswa yang memiliki bujet terbatas, tentunya harga menu yang ada di sana tidaklah bisa terlalu mahal. Akan tetapi jika target pasarmu adalah para eksekutif muda, kamu bisa memasang harga makanan lebih tinggi.

9. Tempatkan restoranmu di lokasi yang mudah terjangkau

lokasi strategis via insider.pro/id/splash/xcfd

lokasi strategis via insider.pro/id/splash/xcfd

Hal terakhir yang wajib kamu pikirkan adalah lokasi restauranmu itu sendiri. Hindari menempatkan usaha restoran dari lokasi yang jauh  dari jangkauan. Orang pada umumnya akan segan makan di tempat yang belum terkenal bila letaknya terlalu jauh. Beberapa tempat ideal untuk membuka bisnis restauran adalah areal kampus, perkantoran, atau mungkin pusat perbelanjaan.

Veryfund, aplikasi Keuangan untuk cek saldo dan transaksi semua akun bankmu. Download sekarang disini

Membangun restoran yang berhasil jelas bukan perkara mudah. Ada banyak hal yang perlu kamu pertimbangkan jika ingin membuat usaha kuliner yang sukses nantinya. Namun bila mau berusaha, membesarkan bisnis macam ini juga bisa menuai hasil yang memuaskan jika dikelola secara serius dan penuh ketekunan. Akhir kata, selamat mencoba ya!

Sumber : http://veryfund.co/blog/8-langkah-membangun-bisnis-restoran-yang-bergaya-muda-dan-menyenangkan/


Tags: , , ,

Kunci Bisnis Enterpreneur Dunia is proudly powered by WordPress and FreeUsenext