Kunci Bisnis Enterpreneur Dunia
Just another Blogger Fisip UNS Sites site

Bisnis hidroponikTak ada alasan untuk tidak dapat bercocok tanam di lingkungan yang lahannya sempit dan padat penduduk sekalipun. Di era modern seperti sekarang ini dimana semakin canggihnya teknologi dan cerdasnya manusia memanfaatkan keterbatasan, kini bertanam tak lagi harus menggunakan tanah. Salah satu sistem bercocok tanam yang dapat dilakukan di lingkungan dengan lahan sempit adalah sistem bertanaman dengan hidroponik.

Hidroponik sejatinya merupakan sebuah sistem pertanian yang memberdayakan air sebagai zat pengganti tanah. Kemudahan inilah yang kemudian mulai dilirik masyarakat untuk beralih dari sistem tanam konvensional dan mengembangkan cara bercocok tanam hidroponik sebagai peluang usaha. Lalu, bagaimana caranya bisa menghasilkan pundi-pundi uang setiap bulan dari hidroponik?

Target Pasar

Sejak tahun 2014 silam, pasar sayuran hidroponik terus mengalami pertumbuh sekitar 10 – 20% per tahun. Tingginya permintaan pasar terhadap sayuran hidroponik bahkan tak jarang membuat para petani kewalahan untuk memenuhinya. Tidak hanya kalangan masyarakat menengah ke atas saja yang kini begitu antusias dengan sayuran premium bebas pestisida tersebut, namun beberapa pelaku industri seperti hotel, restoran, dan katering kini mulai menggunakan sayuran hidroponik untuk bahan baku produksi.

Sumber : https://bisnisukm.com/bisnis-hidroponik-peluangnya-kian-banyak-yang-melirik.html


Tags: , , , ,

Kunci Bisnis Enterpreneur Dunia is proudly powered by WordPress and FreeUsenext