Kunci Bisnis Enterpreneur Dunia
Just another Blogger Fisip UNS Sites site

Adanya akses internet, semua terasa lebih mudah, khususnya untuk kamu sebagai penjual. Tidak hanya jualan offline, kamu punya kesempatan untuk mengembangkan sayap usahamu dengan berjualan online. Tahu nggak sih jumlah pengguna internet saat ini?

Pengguna internet di Indonesia saat ini sudah mencapai 57% dari jumlah penduduk di Indonesia. Wow! Bahkan akhir tahun 2015 ini Kementrian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) menargetkan pengguna internet sebesar 61% dari jumlah penduduk di Indonesia, yakni sebanyak 150 juta orang, sesuai dengan yang di kutip dari  Antara News .

Artinya apa? Ini berarti peluang yang sangat bagus untuk kamu yang ingin jualan secara online, kamu dapat memasarkan produk nggak hanya di kotamu. Banyak platform yang bisa kamu gunakan untuk jualan, salah satunya adalah marketplace.

Eh..tapi jangan senang dulu, persaingan ketat tidak hanya terjadi saat kamu jualan offline, saat jualan online pun persaingan sangat ketat. Semuanya tergantung bagaimana kamu mengatur strategi bisnis supaya dapat bersaing dengan penjual online lain. Di lansir dari blog Bukalapak , berikut ini tips sukses jualan di marketplace langsung dari CEO Bukalapak, siapa lagi kalau bukan Achmad Zaky.

1. Kenali Siapa Dirimu

Kenali Siapa Dirimu

kenali siapa dirimu via uungferi.com

“ada kasus menarik dari salah satu penjual di Bukalapak yang paham betul siapa dirinya sehingga total penjualannya tergolong tinggi dibanding para pesaingnya. Penjual ini menjual mainan. Ia tahu bahwa mainan sudah menjadi bagian dalam dirinya dan ia sangat tahu seluk beluk bisnis mainan secara mendalam. Ia telah menjalani bisnis ini sejak tahun 2006. Dengan berdedikasi penuh dan menekuni bisnis mainan ini, sang penjual ini bisa menghasilkan puluhan pesanan pembelian barang setiap harinya” – Achmad Zaky

Yap! Kamu harus mengenal diri kamu sendiri, mencari tahu apa yang jadi kelebihanmu dan itu bisa kamu gunakan untuk peluang bisnis. Zaky percaya bahwa apabila kita mengenal siapa diri kita dan fokus pada kelebihan kita maka itu akan mempermudah untuk mencapai keberhasilan baik dalam hidup, termasuk dalam bisnis.

2. Pahami Produkmu

pahami produkmu

pahami produkmu via food detik

Kamu harus paham tentang produk yang kamu jual, misalnya nih kamu jual kue kering. Kamu harus tahu tentang seluk beluk produkmu, mulai dari toko yang menjual murah bahan kuemu, bahan-bahan kuemu apa saja, sampai proses menjualnya.

Pemahaman produk yang kamu punya akan membuatmu satu langkah lebih maju dari pesaingmu. Tetap fokus dalam pengembangan produkmu, inovasi adalah salah satu kunci suksesmu berjualan online, khususnya di marketplace.

3. Pahami Siapa Customermu

Pahami Siapa Customermu

pahami siapa customermu via netpreneur.co.id

Ini merupakan salah satu faktor penting dalam menjalankan bisnis. Kamu harus benar-benar paham siapa sih yang masuk dalam target customermu. Nggak cuma jualan online saja yang butuh memahami customer secara mendalam, bahkan jualan di pasar pun tentu butuh taktik serupa. Untuk apa sih?

Jika kamu paham betul siapa saja yang jadi customermu, kamu terbantu dalam menyusun strategi bisnis yang bagus dan matang.

Menurut pengalaman Zaky, menangani customer yang merupakan orang kantoran dan mahasiswa tentunya butuh penanganan yang berbeda. Customer yang merupakan orang kantoran lebih mengutamakan pelayanan yang fast response daripada harga yang murah, sedangkan customer yang merupakan mahasiswa cenderung mengutamakan harga yang terjangkau namun memiliki kualitas yang bagus.

4. Pahami Siapa Pesaingmu

Pahami Pesaingmu

pahami pesaingmu via manajemen.bisnis.com

Bisnis yang punya pasar lebih besar tentunya punya pemain bisnis yang tidak sedikit, sehingga persaingan pun ketat. Pahami siapa saja yang jadi pesaingmu, amati dan pelajari apa saja kelebihan dan kekurangan mereka. Hal itu berguna untuk membantu kamu dalam berbagai hal, misalnya penentuan harga jual.

Zaky berpesan supaya tidak takut untuk menjadi berbeda dari yang lain termasuk pesaing, teruslah berinovasi agar kamu bisa jadi yang terdepan.

5. Kuasai Pasar

Kuasai Pasar

Dengan mengaplikasikan keempat hal di atas, kamu dapat menguasai pasar dari bisnis yang sedang kamu jalani. Salah satu tanda bahwa kamu telah menguasai pasar menurut Zaky adalah feedback positif yang kamu peroleh dari customer yang menjadi bukti bahwa kamu telah menjadi pebisnis yang kredibel dan memiliki reputasi yang baik.

Beberapa situs marketplace di Indonesia juga telah menyediakan kolom ‘reputasi’ untuk penjual, sehingga membantu penjual untuk lebih meyakinkan pembeli saat akan belanja di lapaknya dan sebaliknya pembeli juga terbantu untuk memilah mana penjual yang terpercaya mana yang bukan.

Sumber : http://veryfund.co/blog/tips-sukses-jualan-di-marketplace/


Tags: , , , ,

Kunci Bisnis Enterpreneur Dunia is proudly powered by WordPress and FreeUsenext