Kunci Bisnis Enterpreneur Dunia
Just another Blogger Fisip UNS Sites site

Kisah Jaya YEA anak nakal yang sukses jadi pengusaha dengan keuntungan mumpuni

Nama Jaya Setiabudi atau lebih akrab dipanggil dengan sebutan JayaYEA adalah sosok yang terbilang cukup popular di kalangan pebisnis Indonesia.  Pria yang pada tanggal 27 April kemarin genap berusia 42 tahun tersebut merupakan salah satu contoh pengusaha yang telah berhasil mencapai kesuksesan di bidang bisnis pada usia relatif muda. Saat ini JayaYEA memiliki beberapa perusahaan di antaranya: distributor untuk produk hi-tech industry, supplier dan retail di bidang food and beverage, agen oli di Jakarta, hingga sederet bisnis lainnya.

Kesuksesan yang diraih oleh JayaYEA ini tentu tidak diraih dengan cara yang mudah. Ia pernah mengalami sakitnya bangkrut saat baru mendirikan usaha selama 3 bulan. Bahkan saat berada di situasi terbatas itu, JayaYEA sempat hanya sanggup makan dengan satu buah telur setiap harinya. Akan tetapi meski terus dihantam kesulitan, JayaYEA terus berusaha hingga pada akhirnya berhasil mengecap keberhasilan. Dalam tulisan kali ini, Verfund akan menyajikan cerita tentang JayaYEA dalam merintis dunia bisnisnya hingga bisa berhasil seperti sekarang ini:

Semasa sekolah dulu, JayaYEA bukanlah murid rajin kesayangan guru: Ia adalah sosok anak nakal yang gemar membuat pihak sekolah hilang akal

Anak kecil yanh nakal via startupbisnis.com

Anak kecil yang nakal via startupbisnis.com

Jika kita menilisik kembali kisah JayaYEA ke belakang, sesungguhnya cerita tentang orang sukses yang bermasalah di sekolah pun dialami oleh pria berkacamata ini. JayaYEA semasa sekolah dulu bukanlah anak pintar manis kesayangan guru. Sebaliknya, ia adalah anak bandel yang gemar membuat masalah di sekolah. Bahkan sangking nakalnya, salah satu guru JayaYEA di SMP pernah menyumpahinya tidak akan jadi orang sukses seumur hidup.

Kenakalan JayaYEA terus berlanjut hingga dia masuk ke STM. Di masa ini JayaYEA bukannya makin rajin mengingat akan masuk ke perguruan tinggi, ia justru malah semakin sering bolos dari sekolah. JayaYEA lebih senang berada di luar lingkungan sekolah daripada sekadar mendengarkan materi di kelas. Karena kenakalannya tersebut, tidak ada satu pun orang yang menyangka bahwa JayaYEA akan menjadi orang sukses seperti saat ini.

Keinginan JayaYEA untuk menjadi pengusaha sudah ada sejak masih muda. Maka dari itu walau ia kuliah di bidang elektro, keinginan untuk memiliki usaha besar tak pernah padam dari dirinya

Insyinyur yang hobi berbisnis via marketplus.co.id

Insyinyur yang hobi berbisnis via marketplus.co.id

Jiwa entrepreneur yang ada dalam jiwa JayaYEA sudah ada sejak ia masih berusia muda. Meski ketika kuliah ia memilih jurusan Teknik Elektro, tapi sesungguhnya JayaYEA sudah memiliki rencana tersendiri untuk menekuni dunia bisnis. Keinginan JayaYEA tersebut mendapat dukungan dari sang ayah yang sudah mengetahui “pahitnya” hidup sebagai seorang karyawan. Bahkan orangtua JayaYEA pernah berpesan:

Lebih baik kecil-kecil jadi bos, daripada besar tapi tetap kuli

Berbekal keinginan diri sendiri dan juga dukungan dari orangtua, JayaYEA akhirnya memilih melanjutkan pendidikan di Surabaya. Di kota tersebut JayaYEA menempuh masa kuliah mulai dari tahun 1992-1996 dengan fokus tetap ingin menjadi pengusaha suatu hari nanti. JayaYEA selalu memimpikan jika suatu saat nanti dia bisa memimpin sebuah perusahaan besar yang adalah miliknya.

Bekerja sebagai karyawan rela JayaYEA lakukan demi mendapat ilmu merintis perusahaan impian

Rela jadi karyawan via archive.kaskus.co.id

Rela jadi karyawan via archive.kaskus.co.id

Selepas menyelesaikan kuliahnya di Surabaya, JayaEA tidak langsung mendirikan usaha impiannya. Dia memilih untuk terlebih dahulu “berguru” menjadi karyawan untuk mendalami bidang bisnis yang menarik minatnya. Saat itu, JayaYEA memilih bekerja di salah satu anak perusahaan milik Asta Group. Posisi yang dipilihnya adalah techinal buyer dan bukan engineer seperti bidang kuliahnya dulu. Di perusahaan inilah JayaYEA mempelajari seluk beluk mengenai bidang sirkulasi dagang.

JayaYEA rela lembur hingga malam hari demi mengupas tuntas tentang ilmu purchasing order. Pria berkulit putih ini pun tak ragu memangkas waktu istirahatnya di akhir pekan guna mempelajari lebih dalam berbagai aspek yang berhubungan dengan pekerjaannya tersebut. Selama satu tahun JayaYEA terus belajar dan belajar. Walau kerja kerasnya itu tak bayar karena memang sang atasan tak mengetahuinya, JayaYEA tidak pernah gentar. Ia merasa bahwa masa bekerja di sanalah adalah waktu penggodokan diri menimba segala ilmu,

Walau telah memiliki ilmu bisnis mumpuni, JayaYEA tak lantas lepas dari lubang kegagalan. Buktinya ia pernah bangkrut hingga untuk sulit makan

jatuh bangun via startupbisnis.com

jatuh bangun via startupbisnis.com

Modal ilmu berdagang yang ia dapatkan saat menjadi karyawan nyatanya tak serta merta membuatnya jadi lebih cepat sukses. Pada awal mendirikan bisnis, JayaYEA harus menelan pahitnya kegagalan karena harus bangkrut padahal bisnis tersebut baru berjalan tiga bulan. Modal 4,5 juta yang ia miliki harus lenyap juga bersamaan dengan pailitnya bisnis tersebut.

Karena kegagalan inilah JayaYEA harus melewati hari-hari berat. Bahkan untuk makan sehari-hari ia hanya bisa membeli satu buah telur saja. Tapi meski telah gagal dan nyaris tidak bisa membiayai isi perutnya, JayaYEA tidak putus asa dan terus berpikir untuk memulai bisnis baru. Bersama teman lainnya dia kembali merintis bisnis yang pada akhirnya mengantarkannya pada puncak kesuksesan yang ia impikan.

JayaYEA akhirnya bisa mengecap kesuksesan setelah berkali-kali harus bertarung dengan kegagalannya yang menghampirinya

akhirnya sukses via iloveaceh.org

akhirnya sukses via iloveaceh.org

Di bisnis berikutnya, JayaYEA sudah banyak belajar hingga usaha tersebut berhasil merangkak naik. Namun sayang, saat mulai menunjukkan keberhasilan bisnis ini kembali harus jatuh karena saat JayaYEA terbilang  terlalu agresif melakukan ekspansi usaha ke berbagai bidang. Akhirnya karena kurang pengalaman, ia lagi-lagi harus merasakan kelamnya jurang kebangkrutan.

Namun bukan JayaYEA namanya kalau dia akhirnya menyerah dan berhenti berusaha. Dia kembali merintis bisnis dengan memanfaatkan jaringan pertemanan yang ada. Seiring dengan berjalannya waktu, pelan-pelan ia mulai membangun lagi bisnis yang hancur tersebut. Hingga kini suami dari Liana tersebut berhasil merintis perusahaan mapan di antaranya bergerak di bidang industrial automation, distribusi baja dan konstruksi ringan, pemasok food and beverage, serta sederet usaha lainnya.

Kisah JayaYEA membuktikan bahwa apabila ingin mencapai kesuksesan, kita perlu menjadi individu yang mau bekerja keras dan juga tidak lekas putus asa meski dihantam dengan berbagai kesulitan. Jika kamu terus berusaha dan percaya pada kemampuan diri sendiri pasti suatu saat nanti keberhasilan bisa kamu temui. Semoga kisah sukses dari JayaYEA bisa menginspirasmu ya!

###

Sumber : http://veryfund.co/blog/ini-dia-kisah-jaya-setiabudi-anak-nakal-yang-sukses-membangun-usaha-dengan-keuntungan-mumpuni/


Tags: , ,

Kunci Bisnis Enterpreneur Dunia is proudly powered by WordPress and FreeUsenext