Kunci Bisnis Enterpreneur Dunia
Just another Blogger Fisip UNS Sites site

Sebagai penjual online yang mungkin masih pemula, kamu perlu mencoba untuk jualan di berbagai platform khusus jual beli, termasuk marketplace. Jadi kamu nggak hanya mengandalkan jualan di media sosial saja.

Saat ini di Indonesia ada 2 marketplace yang berkembang baik dan cukup menjanjikan jika kamu berjualan di sana, yakni Bukalapak dan Tokopedia. Saya sempat menjual barang-barang bekas di sana dan nggak jarang mengamati top seller yang ada di kedua marketplace tersebut. Ternyata hampir semua dari mereka melakukan hal-hal ini.

1. Menggunakan Nama Toko dan Tagline yang Mudah Diingat

nama toko sekaligus tagline mudah diingat

Kedengarannya gampang ya membuat nama toko sekaligus tagline atau jargon. Nyatanya tak akan segampang yang kamu bayangkan lho. Lalu apa pengaruhnya sih nama toko dan tagline pada lapak kita?

Supaya lapak kamu punya ciri khas, beda dari lapak lain, mengingat ribuan bahkan jutaan penjual online juga aktif jualan online di marketplace. Nama toko dan tagline nggak harus keren dan sok kebarat-barat an kok, cukup dengan kalimat yang simple supaya customer dapat bertahan di lapakmu karena nama lapakmu mudah diingat.

2. Memasang Foto Real & Menarik

foto produk yang menarik

Foto yang diunggah tidak sekedar bagus dari segi lain seperti efek foto dan komposisi, tetapi juga harus punya resolusi gambar yang bagus dan merupakan gambar asli dari barang yang kamu jual.

Gimana kalau ambil foto dari Google?

Boleh kok, tapi jangan sebel ya kalau calon pembeli berpaling ke lapak lain. :)

3. Menulis Judul Barang yang Informatif dan Menarik

“Sangat penting bagi penjual menulis judul barang yang menarik, padat, dan informatif. Harus menarik, karena pembeli akan melihat-lihat semua barang dari judulnya terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk melihat detail barang tersebut. Harus padat dan informatif, karena Google hanya mempertimbangkan 70 huruf paling awal, semakin padat dan penting kata itu, barang Anda semakin mudah ditemukan di Google.” – Achmad Zaky

Achmad Zaky adalah CEO dari Bukalapak, Zaky membagikan tips untuk penjual online supaya lebih memperhatikan penulisan judul untuk lapak kamu.

tulis judul barang yang informatif dan menarik 1

VS

tulis judul barang yang informatif dan menarik 2

Coba saja kamu bandingan penulisan dari kedua lapak tersebut, mana yang menurut kamu lebih informatif dan menarik? :)

4. Deskripsi Barang Lengkap dan Persuasif

Menulis deskripsi barang yang lengkap lebih membantumu untuk membuat lapakmu semakin menarik, tidak sekedar lengkap ya tapi juga harus persuasif.

deskripsi barang lengkap dan persuasif 2

VS

deskripsi barang lengkap dan persuasif

Nah, langsung bandingkan kedua gambar di atas deh, gambar pertama adalah gambar dengan deskripsi ala kadarnya dan yang kedua adalah gambar dengan deskripsi yang lengkap. Jika kamu di posisi pembeli, kamu berminat untuk memesan dari lapak yang mana?

5. Pasang Harga yang Tak Sekedar Murah

pasang harga yang tak sekedar murah

Memasang harga dengan super murah tidak akan membuat lapakmu ramai oleh pengunjung. Justru menimbulkan kecurigaan di benak pembeli tentang barang yang kamu jual. Nah lho!

Tidak sedikit penipuan online yang menggunakan harga yang murah untuk memangsa korbannya. Sebaiknya sebelum memasang harga barang, kamu cek harga di lapak sebelah gih, pastinya yang menjual barang dengan tipe dan merk yang sama ya . Kamu juga bisa memakai trik meninggikan harga tetapi dengan pelayanan ++ (plus plus) seperti free ongkir. Pasang harga lebih tinggi tapi jangan lupa untuk beri pelayanan yang bagus.

6. Pantau Lapak Secara Berkala

customer marah karena kamu lelet

customer marah karena kamu pelayananmu lambat via tokopedia

Kalau sudah niat untuk jualan online, kamu harus fokus dengan lapakmu. Nggak ada alasan untuk lelet menanggapi respon customermu. Jangan sampai customer berpaling ke pesaingmu cuma karena kamu telat menanggapi pesanan customer yang ada di lapakmu.

7. Aktif di Media Sosial

Hispanic Girl using smartphone

aktif di social media via kawankumagz

Punya akun media sosial jangan hanya kamu pakai untuk curcol dan stalking mantan. Ups…

Kamu bisa bagiin link lapak kamu di semua akun media sosialmu supaya pengunjung lapakmu makin buanyak. 😀

8. Bonus ++

bonus plus plus

bonus plus plus via sodexo

Ini adalah tips bonus buat kamu yang sudah bertahan membaca tulisan saya sampai poin akhir. 😀

“ada aksi lain yang bisa dilakukan untuk meningkatkan awareness lapak Anda di Google; mengubah nama file gambar sesuai nama produk sebelum upload ke Bukalapak.” – Achmad Zaky

Ternyata bikin lapak laris manis tanjung kimpul itu nggak harus ke Mbah Dukun, cukup dengan menerapkan poin-poin di atas. Selamat jualan dan semoga bermanfaat! :)

Sumber : http://veryfund.co/blog/8-tips-jualan-di-marketplace/


Tags: , ,

Kunci Bisnis Enterpreneur Dunia is proudly powered by WordPress and FreeUsenext