Kunci Bisnis Enterpreneur Dunia
Just another Blogger Fisip UNS Sites site

Buat yang pernah bepergian dengan pesawat tentu udah nggak asing dengan slogan “Now Everyone Can Fly” dong. Tahu kan itu slogan perusahaan apa?

Yap! Slogan itu adalah milik perusahaan maskapai penerbangan Air Asia. Tony Fernandes lah dalang di balik kesuksesan maskapai penerbangan tersebut hingga meraih beberapa penghargaan, seperti penghargaan dari Skytrax sebagai maskapai yang memiliki tarif rendah terbaik di dunia.

Fyi, Tony Fernandes merupakan seorang warga Negara Malaysia yang juga menjadi CEO Air Asia. Bagaimana ya kisah sukses Tony Fernandes hingga masuk ke jajaran orang terkaya di Malaysia?

1.Totalitas dalam Belajar

totalitas dalam belajar

totalitas dalam belajar via avicennaedu

Tony Fernandes akrab dengan dunia bisnis sejak ia masih kecil, nggak jarang ia mengikuti kegiatan ibunya yang notabene juga seorang pengusaha. Ia adalah seorang keturunan India-Malaysia, lahir pun di Kuala Lumpur tetapi ia menyelesaikan kuliahnya di London School of Economics di Inggris setelah menghabiskan masa sekolah hingga SMA di Kuala Lumpur.

Totalitas Tony Fernandes dalam belajar dan mengembangkan ilmu ekonomi, terbukti dengan sejarah karirnya yang sempat menduduki jabatan sebagai penasihat keuangan Richard Branson, yakni salah satu founder dari Virgin Group. Nggak hanya itu, Tony Fernandes juga mendapatkan Associate Member of the Association of Chartered Certified Accountants (ACCA) pada tahun 1991.

2. Punya Sosok Mentor yang Hebat

mentor-bisnis-1440x564_c

punya mentor bisnis yang hebat via putuputrayasa

Begitu lulus kuliah, Tony Fernandes bergabung di Virgin Group. Ia bekerja sebagai auditor di Virgin Atlantic yang merupakan maskapai penerbangan Inggris milik Virgin Group dan sempat menjadi penasihat Richard Branson. Richard Branson adalah sosok mentor yang memberi pengaruh besar terhadap kesuksesan Tony Fernandes.

Sssts… Meskipun Tony Fernandes hanya mengabdi kurang lebih selama 4 tahun di Virgin Atlantic sebelum hijrah ke Warner Music dan menjadi Manager Director, ternyata ia diketahui dekat dengan Richard Branson, dekat dalam hal bisnis dan positif lho:p

3. Berani Wujudkan Mimpi

berani wijudkan mimpi

berani wujudkan mimpi via rinatiana

“Saya selalu bermimpi memiliki maskapai penerbangan jarak jauh yang murah” – Fernandes

Itu adalah salah satu impian besar Tony Fernandes sejak ia masih kecil, impian itu bermula ketika masih sekolah di Inggris. Keinginan untuk mengobati rindunya pada kampung halamannya di Malaysia sulit terwujud karena mahalnya harga tiket pesawat saat itu.

4. Tak Sekedar Mengejar Uang

tak sekedar mengejar uang

tak sekedar mengejar uang via harianaceh

Tony Fernandes meninggalkan pekerjaan mapannya sebagai vice-president Warner Music Group di Asia Tenggara dari tahun 1992-2001, karena industri musik kala itu mengalami kegagalan beradaptasi dengan internet dan pembajakan yang semakin marak demi mewujudkan impian masa kecilnya yakni membangun maskapai penerbangan murah pertama di Asia.

Impiannya tidak sekedar untuk merauk untung sebanyak-banyaknya. Tujuannya dengan AirAsia adalah membantu orang yang ingin lebih sering bertemu dengan orang terkasih, orang yang ingin merasakan naik pesawat, dan orang yang ingin berkunjung ke lokasi yang belum pernah mereka datangi.

Sesuai banget kan dengan slogan AirAsia “Now Everyone an Fly”?

5. Strategi Jitu

strategi jitu

strategi jitu via blog jejualan

Saat Tony Fernandes mengakuisisi AirAsia, ia hanya mengeluarkan uang RM 1 dengan catatan bahwa ia juga harus menanggung hutang AirAsia sebasar RM 40 Juta. Orang-orang menganggap Tony Fernandes gila setelah tahu AirAsia telah diakuisisi olehnya.

Setelah setahun, perkembangan AirAsia justru semakin baik tentunya dengan strategi yang sangat bagus. Tony Fernandes melakukan strategi penghematan, sehingga dapat menekan biaya operasional dan mendapat keuntungan perusahaan yang sehat.

Strategi yang dilakukan seperti hanya melayani penerbangan yang jarak tempuhnya dekat, sehingga kru tidak perlu menginap dan bisa pulang setiap hari. Selain itu mencari bandara yang memiliki biaya sewa rendah . Tiket pesawat pun dijual secara online jadi nggak perlu menyewa counter.

Atas usaha dan kerja kerasnya, saat ini AirAsia telah menjadi salah satu maskapai yang patut untuk diperhitungkan di wilayah Asia Tenggara. Kesuksesan Fernandes dalam memoles AirAsia yang tadinya terancam bangkrut menjadi AirAsia yang sekarang punya rute makin banyak dan target penumpangnya mencapai lebih dari 30 juta telah menghantar Tony Fernandes ke jajaran orang terkaya di Malaysia.

Sumber : http://veryfund.co/blog/kisah-sukses-tony-fernandes/


Tags: , , , ,

Kunci Bisnis Enterpreneur Dunia is proudly powered by WordPress and FreeUsenext